Selasa, 19 Februari 2008

SIASAT PEMBERITAAN

Tim yang solid, sinergi redaksi, pemasaran, iklan dan event organizer. Perkuat brand, dominasi pasar sehingga menjadi trend setter dan price maker. Biarkan pesaing lelah dan bunuh diri. Diferensiasi dan konsistensi kualitas produk atau berita-berita yang disuguhkan kepada pembaca.

PERSAINGAN MASA DEPAN

Persaingan grup: koran Jakarta merambah daerah edisi khusus dan suplemen. Kompetitor modal kuat, SDM handal dan strategi pemasaran yang jitu.
Media Online & Koran Digital : Waktu membaca makin singkat, televisi dan internet, komunitas blogger, media online, fasilitas hot spot, koran online dan koran offline.
Fenomena Koran Gratis : andalkan iklan, efisiensi biaya produksi dan ongkos cetak.

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Kualitas. Redaksi tidak boleh arogan dan kena penyakit megalomania.
Kompetitor memperbesar pasar. Perlu koran kedua (fighting brand) dan diferensiasi.
Selalu di depan (one step a head) Lakukan sesuatu yang istimewa. Dept news dan investigasi, foto yang bicara.

Solid dan kompak.

Redpel harus tegakkan disiplin, membina redaktur, perencanaan berita, lay-out dan perwajahan.

Tidak ada komentar: